Tips Perawatan Payudara Untuk Kesehatan Wanita Hamil

Perawatan Payudara Wanita HamilMelakukan perawatan payudara pada wanita yang lagi hamil sangat penting untuk di lakukan, yang tidak kalah pentingnya untuk kesehatan wanita hamil,  hal ini bertujuan untuk menjaga kesehatan payudara demi mempersiapkan ASI untuk bayi ketika lahir ke dunia. ASI sangat di perlukan untuk kesehatan dan pertumbuhan bayi setelah lahir,  oleh karena itu perlunya mempersiapkan dan menjaga kesehatan payudara sebagai penghasil ASI.

Nutrisi yang terkandung di dalam ASI tidak akan ada yang menyamainya di bandingkan dengan formula apapun buatan manusia. Maka dari itu untuk kesehatan bayinya ibu yang lagi hamil hendaknya memelihara kesehatan dan kebersihan payudara sedini mungkin.
Nah,. pada kesempatan ini Kesehatan Wanita akan berusaha memberikan tips kesehatan wanita cara memelihara kesehatan payudara untuk wanita yang sedang hamil :

Cara Perawatan Payudara Pada Ibu Hamil


Melakukan perawatan ini ketika usia kehamilan mencapai 6-9 Bulan. 
  • Siapkan minyak kelapa
  • Usapkan minyak kelapa dengan lembut di sekitar puting sampai semua  payudara yang berwarna hitam (Areola mamae) sekitar 2-3 menitan. Tujuanya untuk melunakan kotoran dan kerak yang berada di sekitar puting, sehingga memudahkan saat membersihkanya nanti. Jangan sekali kali membersihkan puting susu dengan menggunakan alkohol untuk antisipasi terjadinya iritasi serta lecet pada puting susu anda.
  • Melakukan pemijatan dengan lembut dengan cara menarik puting susu secara perlahan dan melakukan pemutaran pelan - pelan searah dan berlawanan jarum jam.
  • Melakukan pengurutan pada payudara, caranya pegang pangkal payudara trus di urut ke arah puting. Untuk hasil yang maksimal lakukanlah ini sebanyak 30 kali dalam sehari. 
  • Ketika kehamilan anda sudah tua lakukanlah pemijatan pada puting anda, mencoba mengeluarkan ASI 1 hingga 2 tetes. 
  • Selalu membersihkan payudara dengan menggunkan handuk kecil dan basah.
  • Pakailah bra yang tidak terlalu ketat dan tidk terlalu longgar supaya sirkulasi pada payudara anda sehat. 

Selain melakukan perawatan payudara di atas  sang ibu hamil juga hendaknya melakukan perawatan payudara ketika usia kehamilan mereka umur 3 bulan. Berikut cara perawatanya :

  • Ketika Usia Kehamilan 3 Bulan
Pada saat kehamilan mencapai 3 bulan hendaknya sang ibu melakukan perawatan dengan cara memeriksa payudaranya pada sekitar putingnya, apakah menonjol ketika di lakukan penekanan pada putingnya. payudara yang normal akan menonjol ketika usia kehamilan mencapai 3 bulan.

Tujuanya melakukan perawatan payudara ibu hamil untuk menjaga kesehatan dan kebersihan payudara mereka terutama pada daerah sekitar putingnya sebagai saluran yang mengeluarkan air susu, memperkuat puting susu untuk memudahkan bayi saat menyusui, merangsang kelenjar dalam payudara bertujuan untuk memperbanyak ASI saat menyusui, memastikan tidak ada kelainan pada payudara anda, dan yang terakhir memersiapkan mental ibu hamil muda untuk menyusui.

Banyak terjadi kasus pada ibu hamil yang tidak melakukan perawatan payudara saat usia kehamilanya, oleh karena itu untuk mengantisipasi hal tersebut lakukanlah payudara anda dengan baik. kasus - kasus yang sering terjadi di alami oleh ibu menyusui antara lain :

Artikel Lain : Tips Sehat Cara Mengencangkan Payudara

  • Payudara tidak mengeluarkan ASI sesaat setelah melahirkan, hal ini tidak baik kerena tidak terjadinya Inisiasi Dini pada bayi padahal hal ini sangat di perlukan untuk kesehatn sang bayi.
  • Bayi susah untuk menghisap ASI di karenakan puting payudara ibunya tidak menonjol
  • Produksi ASI tidak mencukupi untuk memenuhi kebutuhan permintaan bayi, dan akhirnya biasanya sang ibu membantunya dengan susu formula.
  • Terjdadi infeksi pada payudara anda. 
Perawatan payudara pada saat usia kehamilan sangat penting untuk di lakukan guna menjaga kesehatan dan kebersihan payudara anda. Perawatan ini juga untuk mempersiapkan agar produksi ASI anda banyak sehingga bisa mencukupi pasokan permintaan sang bayi. 




Tips Perawatan Payudara Untuk Kesehatan Wanita Hamil Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Hamba Allah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar