Makanan Kesehatan Wanita Hamil Agar Janin Sehat

Makanan Kesehatan Wanita Hamil Agar Janin SehatMemilih makanan untuk kesehatan wanita hamil sangatlah penting untuk dilakukan, hal ini bertujuan untuk menunjang pertumbuhan bayi di dalam kandungan. Wanita yang lagi hamil sebaiknya berhati hati dalam memilih makanan, selain untuk kesehatan janin, juga demi kesehatan ibu hamil supaya tidak terjadi morning sickness serta mencegah kelelahan. Selain itu untuk menghindari cacat bayi lahir dan terburuknya untuk mencegah keguguran.

Tips Agar Janin Sehat Dalam Kandungan


Ketika kehamilan terjadi pada pasangan suami istri rasa bahagia tentunya tak akan terhingga. Memiliki momongan adalah dambaan semua pasangan yang sudah menikah, memiliki bayi yang lucu, cerdas, sehat adalah harapan semua orang tua. Ini bisa terwujud berawal dari bagaimana kita merawat kehamilan kita, dalam hal ini faktor makanan sangat berperan dalam kondisi ini.
Berikut ini beberapa makanan yang di sarankan untuk ibu hamil :


1. Mengkonsumsi Sayuran Hijau

Dengan banyak mengkonsumsi sayuran ini dapat mengurangi rasa mual dan muntah pada awal kehamilan. Selain itu dikarenakan sayuran banyak mengandung zat besi tidak hanya dapat menghilangkan mual tetapi juga dapat membantu tubuh dalam memproduksi sel darah merah (haemoglobin) sehingga pada wanita hamil tidak terjadi anemia yang kadang sering terjadi pada saat  wanita hamil.
Manfaat asam folat yang ada dalam sayuran adalah nutrisi yang penting untuk janin kita sebagai pungsi pembelahan dan pertumbuhan sel sehingga mencegah terjadinya cacat pada bayi. Berikut ini contoh sayuran yang banyak mengandung asam folat adalah : sawi, brokoli, bayam dan asfaragus.


2. Mengkonsumsi Buah Buahan

Banyak berbagai buah yang baik untuk di konsumsi oleh wanita yang lagi hamil, nutrisi yang terkandung didalamnya berfungsi untuk membantu mengatasi sembelit pada wanita hamil, selain itu juga nutrisi yang terkandung di dalam buah segar baik untuk perkembangan janin. Namun sebaiknya buah yang dipilih adalah buah yang segar dari pada buah kalengan yang banyak dijual di pasaran.
buah yang baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil adalah : Sejenis jeruk, apel, pisang, kurma, anggur, tomat dan lain sebagainya. Namun ada juga buah yang dilarang untuk dikonsumsi diantaranya :
Pepaya muda, delima, durian, dan nanas.


3. Produk Olahan dari Susu

Selain mengkonsumsi sayuran dan buah wanita hamil juga di sarankan untuk memperbanyak makanan olahan susu dikarenakan pada makanan ini banyak mengandung protein, seperti kita ketahui bahwa pertumbuhan sel banyak sekali membutuhkan protein, sama halnya dengan janin yang ada didalam perut kita banyak sekali membutuhkan protein untuk pertumbuhannya.
oleh sebab itu mengkonsumsi makanan olahan susu sangatlah dianjurkan untuk kesehatan wanita dan pertumbuhan janin.


4. Makanan Seafood

Makanan seafood ini ternyata sangat bagus juga untuk kesehatan wanita hamil,dikarenakan berbagai macam seafood ini banyak mengandung protein dan juga asam lemak omega 3. Nutrisi ini sangat baik untuk perkembangan otak janin dalam kandungan. Makanan jenis ini diantaranya jenis ikan dan udang.


5. Sereal

Mengkonsumsi sereal pada masa kehamilan bisa berfungsi sebagai pengganti nasi, sereal ini juga sebaiknya dikonsumsi selama kehamilan. Whole grain adalah jenis sereal yang paling bagus, namun bisa juga digantikan dengan jenis whole grain jenis roti gandum. Dengan banyak mengkonsumsi sereal pada masa kehamilan mudah-mudahan ibu dan janin kita sehat dan lahir dengan selamat.


6. Jenis Kacang-Kacangan

Tidak semua jenis kacang-kacangan bagus untuk dikonsumsi oleh wanita hamil, namun kacang-kacangan jenis ini disarankan untuk dikonsumsi dikarenakan banyak mengandung protein yang bermanfaat buat tubuh kita. Fungsi protein ini nantinya akan meningkatkan energi didalam tubuh kita. Berikut ini beberapa jenis kacang-kacangan yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil : kacang hijau atau merah, kacang kedelai dan sebagainya.


Demikian jenis makanan yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil namun perlu diperhatikan makanan diatas tadi merupakan hanya saran, mungkin tidak semua orang bisa mengkonsumsi makanan diatas dikarenakan alergi ataupun tidak suka. [Baca Juga Kesehatan Wanita Hamil Muda]  Demikian mudah-mudahan bermanfaat.





Makanan Kesehatan Wanita Hamil Agar Janin Sehat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Hamba Allah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar